Bisnis atau wirausaha penyewaan alat pesta sudah banyak dijalankan oleh orang orang. Bisnis atau wirausaha penyewaan alat pesta sudah banyak dijalankan oleh orang orang disekitar kita, namun kita tidak perlu pesimis karena jumlah atau frekuensi pesta semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu terjadinya peningkatan jumlah pesta dipengaruhi oleh peningkatan kesejahteraan dan banyak acara pemilihan umum, seperti pilkada, pilkades, pilgub, pilbup, dll. Pengaruh lainnya adalah peningkatan jumlah promosi produk produk tertentu yang dilakukan melalui menggelar acara hiburan untuk rakyat. Pada waktu lalu acara pesta biasanya musiman, mungkin dalam periode satu tahun hanya terjadi tiga musiman : musim pernikahan dan sunatan, musim haji, dan musim acara keagamaan seperti Rajaban, Maulid Nabi Muhammad SAW. Namun zaman sudah berubah acara pesta bisa terjadi kapan saja tidak lagi mengenal musiman.
Bisnis penyewaan alat pesta memilki beberapa keuntungan antara lain bahwa modal yang kita belanjakan untuk alat pesta sebenarnya tidak hilang karena berubah menjadi aset peralatan pesta. Apabila kita melakukan pemeliharaan dengan baik maka umur pakai aset tersebut akan semakin lama sehingga bisa meningkatkan efisiensi.
Pemahaman terhadap persaingan Usaha Rental Alat Pesta yang berkaitan dengan usaha yang sedang digeluti adalah mutlak. Sebagai contoh bisnis bioskop, secara langsung bersaing dengan acara TV serta rental video dan secara tidak langsung bersaing dengan bisnis bowling serta karaoke. Tanpa memahami persaingan bisnis yang ada, seorang entrepreneur hanya akan bergelut dengan permainan harga yang dapat menjadikan bisnisnya keluar dari pasar. Sehingga pemahaman terhadap persaingan bisnis yang ada dapat membantu seorang entrepreneur mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik. Berikut ini rancangan bisnis persewaan alat pesta :
List Barang Yang Disewakan
Adapun barang-barang atau perlengkapan pesta yang biasa nya di sewakan adalah sebagai berikut:
Kontainer Plastik
Kontainer Besar
Bowl Es Kaca Kecil
Bowl Es Stainless Besar
Cangkir kopi + Lepek
Coffee Maker - Besar
Coffee Maker - Electric
Entong Stainless
Irus Stainless
Sendok Makan biasa
Sendok Makan tebal
Sendok Sup (bebek) Melamin
Garpu Makan :
Juicer (Water Jug) Plastik
Juicer (Water Jug) Elegant
Lepek Kue Sango
Mangkuk Puding
Mangkuk Sup Melamin
Mangkuk Sup Sango
Mangkuk Tahu Campur
Pemanas Bulat Sup
Pemanas Kotak Kecil
Pemanas Kotak Tanggung
Pemanas Kotak Besar
Pemanas Kotak Double
Pemanas Roll Top Bulat Besar
Pemanas Roll Top Double Insert
Piring Makan Sango List Emas 9"
Piring Makan Sango Polos 9"
Piring Sate/Somay Melamin
Toples Kerupuk Kaca
Panci Joglo
Meja Bulat (Diameter 120)
Meja Kotak Sedang (80 x 120)
Meja Kotak Besar (60 x 220)
Taplak Meja
Meja + Oscar + Taplak
Joglo Bambu Sedang
Joglo Bambu Besar Joglo Besi
Pregola Besar Kotak
Pregola Besar Bundar
Hiasan Lampu Love
Hiasan Lampu Angsa
Hiasan Lampu Payet
Hiasan Lampu Cabang
Hiasan Bunga Mati Standing
Hiasan Sangkar Burung
Hiasan Lampu Standing Besar
Hiasan Lampu Standing Gunungan
Hiasan Standing Bulat Pita
Hiasan Standing Bulat Manik Manik
Sewa Dekorasi Komplit Gedung
Sewa Dekorasi Komplit Gedung + Lux + Bunga Hidup
Sewa Dekorasi Rumah
Analisis Pasar dan Pemasaran
1.
Target Pasar
Usaha ini berlokasi disekitar pekayon yang merupakan jantung Kota Bekasi. Target pasarnya adalah orang dewasa yang cukup umur untuk melakukan pernikahan.
2.
Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3.
Sasaran Penyewa
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua orang dewasa yang ingin melakukan ritual pernikahan.
Strategi Pemasaran
1.
Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. , promosi ini bisa dalam bentuk selembaran atau spanduk kecil yang kita tempel di tempat-tempat keramaian dan tempat-tempat yang memungkin kan untuk bisa mendapatkan calon pengguna jasa atau cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk menyewa tenda dan dekorasi pernikahan.
2.
Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha ini. Untuk melancarkan awal berbisnis ini maka sebaik nya di lakukan promosi agar orang lain dapat mengetahui keberadaan bisnis kita , sehingga dengan demikian bisa berpeluang untuk mendapatkan pelanggan atau calon pengguna jasa.
3.
Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromosikan usaha ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki. Dalam hal ini, dapat dengan memperluas usaha roti bakar ini ke daerah-daerah lain, dengan harapan usaha ini akan lebih dikenal oleh masyarakat dan juga dapat menambahkan pendapatan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan memperkerjakan karyawan yang baru.
4.
Langkah-langkah promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu gratis biaya pengantaran barang perlengkapan, gratis make-up pengantin, dan diskon 5% dari total penyewaan. Pemasaran dapat dilakukan secara offline dan online, offline misalnya dengan membuat brosur dan menyebarkannya sebanyak banyaknya. Penyebaran brosur yang efektif adalah dengan menitipkannya pada tukang loper koran dengan memberikan sejumlah tip/upah. Pemasaran offline lainnya adalah memberikan pinjaman secara gratis pada acara amal dan keagamaan, hal ini akan mengenalkan perlatan pesta yang dimilki ke para pengguna secara tidak langsung. Sedangkan pemasaran online bisa dilakukan dengan membuat situs web, menyebarkan email atau membuat halaman dan status pada jejaring sosial, serta menyebarkan SMS kepada teman dan sejawat. Prosedur atau bisnis proses untuk Pelayanan Pelanggan harus dibuat secara tertulis dan dibakukan kemudian disebar luaskan ke seluruh karyawan, karena pelayanan pelanggan merupakan hal yang paling penting dan faktor kunci keberhasilan wirausaha penyewaan alat pesta. Proses pelayanan pelanggan akan dimulai ketika pelanggan mulai melakukan kontak, baik itu melakukan pesanan penyewaan maupun hanya menanyakan harga. Proses pelayanan pelanggan merupakan proses yang hampir tiada akhir, walaupun transaksi penyewaan telah selesai dan pelanggan telah puas, namun suatu saat kita harus menghubungi lagi pelanggan tersebut untuk memberikan layanan informasi, atau sekedar menanyakan tentang kesehatannya, dll. Apabila memungkinkan kita harus memilki catatan data setiap pelanggan yang pernah menggunakan jasa kita, namanya, alamat, nomor telpon, email, dll.
5.
Harga Terjangkau
Untuk masalah Harga, Menetapkan tarif sewa menjadi hal penting bagi pengusaha rental alat pesta. Mematok harga terlalu tinggi berakibat usaha kita kalah bersaing dengan kompetitor. Pelanggan pasti memilih tempat sewa yang lebih murah. Banting harga sewa terlampau murah juga tidak baik. Selain merusak harga pasar, juga beresiko bisnis kita bangkrut karena tidak seimbang antara pemasukan dan pengeluaran. Bagaimana cara menentukan harga sewa yang kompetitif? Cara paling mudah adalah melihat daftar harga dari persewaan alat pesta lain / pesaing. Anda bisa mengenakan tarif yang sama persis atau menurunkan sedikit tarif sewa dari pesaing.
Nah, Banyaknya pemikiran bahwa bila ketika Usaha
Rental Alat Pesta belum terbentuk, pemahaman terhadap pelanggan tidaklah penting. Pemahaman tersebut sangatlah salah, karena pada kenyataannya pelangganlah yang membuat bisnis itu ada, tanpa pelanggan tidak akan ada bisnis yang berjalan. Sehingga sangatlah penting bagi seorang entrepreneur untuk memahami pelanggannya.
Dan dapat disimpulkan bahwasanya,
Persewaan alat pesta Surabaya merupakan jenis usaha yang prospeknya cerah sepanjang masa. Peluang mendapat untung juga lumayan besar, karena Pangsa pasarnya luas dan jelas. Usaha persewaan alat pesta cocok dijalankan di daerah mana saja. Baik di kota atau di desa, semua orang butuh penyedia jasa sewa terop, meja kursi, sound system, genset / diesel, lampu, pelaminan, video shooting, Hampir semua orang akan menikah. Setidaknya 1 kali seumur hidupnya. Dan sudah jadi tradisi bagi masyarakat Indonesia bahwa perkawinan tanpa resepsi mengundang sanak saudara serta sahabat bagaikan sayur tanpa garam. Sekecil apapun acara mantenan, setidaknya pasti butuh menyewa tenda barang 1 – 2 hari, Perlengkapan pesta merupakan jenis barang yang dibutuhkan tapi hampir tidak ada orang yang khusus membeli dan menyediakannya di rumah. Saat ada acara mantenan, sunatan, selametan dll, mereka lebih suka memakai penyedia jasa persewaan karena lebih praktis dan hemat biaya, dan Perlengkapan pesta merupakan jenis barang yang dibutuhkan tapi hampir tidak ada orang yang khusus membeli dan menyediakannya di rumah. Saat ada acara mantenan, sunatan, selametan dll, mereka lebih suka memakai penyedia jasa persewaan karena lebih praktis dan hemat biaya.